Mengenai Saya

Foto saya
guru sdn 31 balai labuh bawah kecamatan Lima Kaum .suami Putra noferal,Spd kep sek d sd s. tarab

Entri Populer

Selasa, 01 Februari 2011

contoh rpp

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan : SD
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VI/1
Waktu : 2 x 35 menit


Standar Kompetensi
3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan.

Kompetensi Dasar
3.1. Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem).

I. Tujuan Pembelajaran
1) Mengetahui aktivitas manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam
2) Meramalkan aktivitas negatif manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam.

II. Materi Pembelajaran
• Keseimbangan lingkungan
• Pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungN

III. Metode Pembelajaran
• Role Playing
• Diskusi
• Tanya jawab

IV. Langkah-langkah Kegiatan
1) Kegiatan awal (5 menit)
a) Memberi motivasi, guru menunjukkan kepada siswa, beberapa artikel surat kabar tentang bencana alam yang terjadi di tanah air, misalnya banjir, tanah longsor, dan sebagainya.
b) Menggali pengetahuan awal (apersepsi), guru menanyakan kepada siswa, mengapa situasi tersebut dapat terjadi?
c) Menyampaikan judul dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

2) Kegiatan inti (55 menit)
a) Guru menunjuk 12 orang siswa untuk diberi peran, dengan cara memasangkan apron pada masing-masing siswa, lima orang sebagai pohon, lima orang sebagai rusa, satu otang sebagai harimau, dan satu orang sebagai penebang hutan.
b) Siswa yang lain sambil duduk di lantai membentuk lingkaran (berdekatan dengan anggota kelompoknya).
c) Guru menjelaskan cara bermain peran, sekaligus peran masing-masing siswa yang ditunjuk.
d) Sambil menyanyikan sebuah lagu (misalnya, Lihat Hutanku), kegiatan bermain peran dimulai. (cara permainan peran terlampir pada Petunjuk Guru).
e) Setelah permainan selesai, guru mengadakan tanya jawab/diskusi dengan siswa tentang hal-hal berikut.
• Apa pendapatmu, tentang manusia yang menebang pohon-pohon tadi?
• Coba terangkan, apa akibatnya jika semua pohon di hutan ditebang oleh manusia?
• Apa yang sebaiknya kamu lakukan agar kejadian itu tidak terjadi di sekitar kita?
f) Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusinya, sementara kelompok yang lain dapat memberikan saran, pertanyaan, dan masukan-masukan yang lain. Selama diskusi kelas belangsung, guru melakukan pendampingan dan bimbingan.

3) Kegiatan penutup (10 menit)
a) Guru membantu siswa membuat rangkuman tentang perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam.
b) Untuk pemantapan, guru memberi tugas kepada siswa untuk:
• Mencari informasi keadaan alam yang tidak seimbang di sekitar tempat tinggalnya.
• Mencari upaya untuk menanggulangi masalah-masalah tersebut.
• Membuat sebuah poster tentang isu lingkungan

V. Sumber, Bahan, dan Alat
Sumber : Buku IPA SD yang relevan
Bahan :
Alat : Apron
Gunting
Selotip
Kertas gambar

VI. Penilaian
Penilaian kelas dapat dilakukan dengan:
• Tes tulis (di lampiran)
• Penilaian kinerja (di lampiran)
• Portofolio
• Produk (di lampiran)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar